Wednesday, April 22, 2015

Confined space, enclosed space, adjacent space atau yang lebih sering kita dengar "ruangan tertutup" adalah topik yang sering kita dengar. Baik di kapal tanker, cargo, AHTS dan lain lain hampir dipastikan ada ruangan tertutup dimana akses untuk melewati atau masuk ke dalam ruangan tersebut memerlukan syarat syarat khusus yang perlu diperhatikan oleh seorang pelaut guna menghindari kejadian fatal / kecelakaan dalam ruangan tersebut. 

Pada dasarnya ada sedikit perbedaan mengenai terminologi antara confined space, enclosed space maupun adjacent space.
a. Adjacent space, suatu area yang membatasi ruangan disegala arah termasuk pintu masuk, deck, tank top dan dinding tangki / bulkhead 
b. Enclosed space, suatu ruangan yang dibatasi dinding dan atap. Ini termasuk tangki tangki, tangki muat, ruang dalam boiler & mesin induk. 
c. Confined space, suatu ruangan yang sangat terbatas laluan untuk keluar masuk seperti tangki dasar berganda, cofferdam, ceruk rantai dan lain lain.    

Untuk memberikan gambaran mengenai istilah istilah dapat dilihat pada gambar disamping. Dari gambar tersebut kita bisa lebih memahami perbedaan dan persamaan mengenai istilah "Ruangan Tertutup".
Secara umum definisi "Ruangan Tertutup" yang lebih spesifik adalah:
- Ruangan yang bukan tempat normal untuk bekerja dan tidak didesain untuk melakukan suatu pekerjaan terus menerus
- Keterbatasan akses untuk keluar masuk ruangan tersebut
- Setidaknya dapat menampung satu orang pekerja  untuk masuk dan bekerja didalamnya.
- Berpotensi mengandungi udara beracun dan berbahaya didalamnya
- Instalasi ruangan tersebut dapat menyebabkan area tersebut kekurangan oksigen

Dengan adanya kondisi dan potensi bahaya yang mungkin timbul di dalam ruang tertutup maka diperlukan langkah langkah atau persiapan yang teliti guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Selain persiapan fisik, pekerja yang akan masuk ruangan tertutup seharusnya mendapatkan pelatihan atau mempunyai pemahaman yang cukup tentang Ruangan Tertutup beserta bahaya bahaya yang mungkin timbul.       

- gmbr dr osha -

0 comments :

Post a Comment