Tuesday, April 21, 2015

Gale warning, storm warning, front panas, front dingin dan lain lain istilah yang berhubungan dengan cuaca merupakan kata kata yang sering kita jumpai dalam dunia pelayaran. Istilah istilah tersebut sering kita temukan dalam berita cuaca yang diterima di atas kapal dan data data tersebut menjadi salah satu aspek yang sangat penting dalam menentukan perjalanan kapal baik sebelum berlayar, selama berlayar maupun sandar di pelabuhan.

Pemahaman mengenai berita cuaca sangat penting buat navigator karena kecermatan dalam menganalisa perkiraan cuaca dapat menghindarkan perjalanan yang akan ditempuh dari bahaya cuaca buruk yang menghadang di depan. Selama perjalan ramalan cuaca perlu dimonitor terus menerus agar perubahan perubahan kondisi cuaca dapat dianalisa dan dijadikan bahan pertimbangan keselamatan perjalanan.

Ramalan cuaca untuk sektor maritime dapat diperoleh dari berbagi otoritas meteorologi dari berbagai negara termasuk Indonesia. Jadi bila akan berlayar dari Indonesia ke Japang maupun berbagai pelabuhan lain sekarang ini kita dapat dengan mudah mendapatkan dan mengakses ramalan cuaca.

Kemajuan teknologi, dengan kemajuan teknologi proses publikasi maupun akses mengenai laporan cuaca jauh lebih mudah dibandingkan 20 tahun lalu. Dulu untuk mendapat laporan cuaca menggunakan perangkat radio yang besar & mayoritas hanya radio operator yang memiliki keahlian mengoperasikan radio tersebut.

Saat ini dengan perangkat yang lebih canggih dan kecil ukurannya lebih banyak orang dapat mengoperasikan dan memperoleh data cuaca, dengan setting yang sudah diatur maka perangkat GMDSS akan menghasilkan laporan yang diharapkan secara otomatis. Bahkan dengan smart phone pun kita bisa dengan mudah mendapatkan ramalan cuaca.

Dalam contoh ramalan cuaca disamping, kita akan menemukan kode, angka, huruf yang perlu dicermati dan dipahami sehingga navigator bisa mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kondisi cuaca daerah yang sedang dan akan dilalui. Hal ini menjadi penting terutama saat saat musim cuaca buruk atau taifun. Dengan analisa yang teliti maka bisa memperkiran taifun / cuaca buruk kapan akan melintasi jalur yang akan dilayari.

 Berkenaan dengan weather forecast akan dibahas pada sesi lain tentang penafsiran kode angka huruf yang ada dalam ramalan cuaca yang kita dapat dari otoritas meteorologi.


0 comments :

Post a Comment