Tuesday, April 14, 2015

Setiap kita akan menghitung atau memastikan jumlah volume cairan dalam tangki kita memerlukan Ullage table atau Sounding table. Ullage table sering dijumpai di kapal jenis tanker / oil barge sedangkan sounding table dapat ditemui di berbagai macam kapal baik kapal tanker, cargo, tug boat dan lain lain.

Secara umum ullage table digunakan untuk mengukur jumlah muatan cair di kapal tangki minyak, chemical sedangkan sounding table bisa ditemui untuk menghitung jumlah muatan minyak, tangki air tawar, ballast maupun tangki bahan bakar.

Contoh sounding / ullage table





Ullage table ataupun sounding table berbeda beda setiap tangki karena angka angka yang tercantum didalamnya merupakan hasil survey dari setiap tangki dan disesuaikan dengan kondisi kapal seperti trim dan heeling / kemiringan. 

Untuk mendapatkan figure atau volume cairan dalam tangki kita perlu memperhatikan koreksi / interpolasi trim & kemiringan yang tertera pada table tersebut sehingga volume yang kita hitung lebih akurat. Dengan mendapatkan figure yang lebih akurat maka dapat menghindari kerugian atau kekurangan muatan / inventaris minyak ataupun air tawar di kapal.

0 comments :

Post a Comment